Minggu, 22 Desember 2013

BOSS(Biaya operasional sekolah)



“SEKOLAH TIDAK GRATIS, TAPI HARUS PRODUKTIF”
Sekolah gratis, banyak sekali orang-orang mengharapkan pendidikan di indonesia semua gratis, mulai dari SD-perguruan tinggi. Tapi apa yang kini terjadi di negri ini? Banyak sekolah tingkat SLTA dan juga perguruan tinggi yang biayanya sangat mahal, apalagi jika sekolah tersebut tergolong sekolah favorit,jusru jauh akan lebih mahal. Padahal setiap sekolah sudah ada anggaran BOS(bantuan operasional sekolah) setiap tahunnya. Antara menjadi pendidik dan juga pembisnis di sekolah. Selalu ada uang,  uang gedung, SPP, uang praktek, dan juga uang untuk lest jika UN sudah dekat.
Namun, ada yang berbeda di Kabupaten Banyumas. Di kabupaten tersebut ada sebuah sekolah tingkat SLTA sekolahnya memang tidak gratis, tapi harus produktif agar kegiatan pembelajaran dan juga pemenuhan kebutuhan di sekolah bisa terpenuhi. Sekolah ini bernama Pendidikan Layanan Khusus Menengah Boarding School "Mbangun Desa". Sebuah sekolah yang di disain agar peserta didiknya siap untuk menjadi kader pembangun desa agar siap hidup di desa dan juga berbuat di desa. Salah satunya belajar berwirausaha di sekolah ini. JENIUS, kelompok wirausaha ini bergerak di bidang makanan tradisional khas banyumas ada manggleng, cantir, dan juga ampyang. Kemudian ada EMDEHA, kelompok wirausaha ini bergerak di bidang sendal bandol. Dua kelompok wirausaha ini kami jalankan sendiri oleh peserta didik, mulai dari pembuatan sampai pemasaran,. Kendala di wirausaha ini yaitu dalam pemasaran belum ada produsen yang menyalurkan produk kami.
Besar harapan kami suatu saat prodak yang kami miliki ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa dilakukan oleh banyak orang untuk bisa berwirausaha tanpa mereka merantau ke kota dan mencari sumber penghidupan disana.

Saatnya yang muda berkarya untuk desa,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar